ADVERTISEMENT

Hati-Hati, Ini Penyebab Stroke!

bicara atau mengeluarkan kata-kata yang tidak jelas maksudnya, atau anggota tubuh baik  wajah, lengan, atau kaki terasa kebas atau mati rasa, waspada. Bisa jadi itu awal gejala stroke.
bicara atau mengeluarkan kata-kata yang tidak jelas maksudnya, atau anggota tubuh baik  wajah, lengan, atau kaki terasa kebas atau mati rasa, waspada. Bisa jadi itu awal gejala stroke.

Jika Anda atau orang terdekat tiba-toba Susah bicara atau mengeluarkan kata-kata yang tidak jelas maksudnya, atau anggota tubuh baik  wajah, lengan, atau kaki terasa kebas atau mati rasa, waspada. Bisa jadi itu awal gejala stroke.

Apalagi jika salah satu sisi mulut tidak simetris saat digunakan untuk tersenyum Penglihatan tiba-tiba kabur atau gelap, sakit kepala dan lain-lain  segera cari cari pertolongan medis.

Ingat, bahaya stroke bisa mengancam jiwa. Ini beberapa penyebab stroke dan faktor risikonya yang perlu diwaspadai. Yuk jaga kesehatan 

  1. Tekanan darah tinggi

Konsul ke  dokter apabila hasil pengukuran tekanan darah kerap di atas 140/90 mmHg.

2. Merokok

Nikotin dapat meningkatkan tekanan darah naik, asap rokok juga bisa meningkatkan penumpukan lemak di pembuluh darah arteri.

3. Penyakit jantung Beberapa jenis penyakit jantung juga bisa jadi biang penyakit stroke. Kerusakan katup jantung dan gangguan irama jantung merupakan penyebab stroke menyerang kalangan orang tua.

4. Diabetes. Bisa jadi penyebab stroke secara langsung dan tidak langsung. Diabetes dapat merusak pembuluh darah dan memicu stroke.

5. Kegemukan. Kontrol berat badan berlebih demi menurunkan risiko stroke.

6. Efek samping obat.  Sejumlah obat pengencer darah untuk mencegah pembekuan darah terkadang dapat menyebabkan stroke.

7. Keturunan.  Jika Anda memiliki orangtua atau kerabat yang menderita stroke, ada kemungkinan Anda juga mengalaminya. Stroke dapat diturunkan dari keluarga.

8. Jenis kelamin Di usia yang sama, pria cenderung memiliki risiko terserang stroke lebih tinggi ketimbang wanita. Namun, wanita cenderung mengalami stroke di usia lebih tua ketimbang pria.