ADVERTISEMENT

Berita Elon Musk membeli Twitter membuat ramai dunia media sosial.  Dalam wawancaranya di konferensi TED beberapa waktu lalu, Musk mengatakan akuisisi tersebut sebagai titik balik bagi peradaban.

“Ini bukan cara menghasilkan uang,” kata Musk, “Bahwa memiliki platform publik yang dapat dipercaya secara maksimal dan inklusif secara luas sangat penting untuk masa depan peradaban.”

Banyak yang mendengar namanya tetapi tahukah Anda bagaimana keseharian sosok miliarder ini? Mari kita tengok.

Jam kerja Elon Musk tampaknya tak ada habisnya, seringkali mencapai lebih dari 100 jam seminggu. Ia memiliki pendekatan unik untuk keseimbangan kehidupan kerja.

Tidak dapat disangkal bahwa kebiasaan gila kerja Musk memiliki dampak besar pada dunia dan menghasilkan hasil yang luar biasa. Dalam sebuah pernyataan pimpinan, “Selama 15 tahun terakhir, kepemimpinan tim Tesla Elon telah menyebabkan Tesla tumbuh dari perusahaan rintisan kecil menjadi memiliki ratusan ribu mobil di jalan yang disukai pelanggan, mempekerjakan puluhan ribu orang. orang di seluruh dunia, dan menciptakan nilai pemegang saham yang signifikan dalam prosesnya.”

Rutinitas harian Elon Musk dapat diringkas sebagai Sebagian besar bekerja, makan, tidur.  Waktu tidur Musk sekitar pukul 1 pagi, Musk biasanya bangun pukul 7 pagi, tidur selama 6 hingga 6,5 ​​jam, yang selama bertahun-tahun ia temukan adalah sweet spot-nya.

“Tidur benar-benar hebat. Saya sadar jika saya tidak cukup tidur saya jadi pemarah. Saya bisa turun di bawah ambang batas tidur tertentu, meskipun saya akan bangun lebih lama,  ” kata Musk dalam reddit AMA 2015.

Meskipun Musk biasanya melewatkan sarapan untuk menghemat waktu —dia kadang-kadang  minum kopi dan telur dadar — ada satu kebiasaan harian yang selalu dia lakukan: mandi.  Ia menganggap mandi adalah sumber banyak ide.

“Saya tidak akan berolahraga sama sekali jika saya bisa,” katanya meskipun dia menghabiskan beberapa waktu mengangkat beban dan berlari di treadmill sambil menonton TV. Dia juga mencoba-coba Taekwondo, karate, judo dan jiu-jitsu Brasil.

Dalam hal produktivitas kerja, Musk terkenal dengan efisiensinya yang kejam. Dalam email yang dikirim ke karyawan Tesla, Musk menguraikan beberapa “rekomendasinya” untuk melakukan rapat yang efisien:

Rapat yang berlebihan adalah hal yang buruk bagi perusahaan besar dan hampir selalu menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Harap singkirkan semua rapat besar, kecuali jika Anda yakin rapat tersebut memberikan nilai bagi seluruh audiens, dalam hal ini, pertahankan agar rapat tersebut sangat singkat.

Mayoritas jam kerja Musk (setidaknya 90% menurut Quartz) dibagi antara Tesla dan SpaceX, sedangkan sisa waktu ia habiskan untuk usaha lain, di mana ia adalah salah satu pendiri, investor, atau eksekutif. Dalam salah satu tweet-nya Musk mengatakan bahwa 90% waktunya di SpaceX dan 60% waktunya di Tesla dihabiskan untuk desain dan rekayasa.

Dalam profil New York Times, Musk merinci kerjanya hingga 120 jam seminggu. “Ada saat-saat ketika saya tidak meninggalkan pabrik selama tiga atau empat hari ketika saya tidak pergi ke luar,” katanya. “Ini benar-benar mengorbankan waktu tanpa bertemu anak-anak saya. Dan bertemu teman.”

 “Saya hanya akan tidur selama beberapa jam, bekerja, tidur selama beberapa jam, bekerja, tujuh hari seminggu. Beberapa dari hari-hari itu pasti 120 jam.

Baru-baru ini, tampaknya Musk berada di tempat yang jauh lebih baik, dimana dia menghabiskan waktu dengan rekannya, Grimes, mengejar anime (Death Note dan Evangelion) dan mendengarkan buku audio dan podcast sejarah.

Ketika ditanya tentang waktu bersama anak-anaknya, Musk menjawab, “Saat ini tidak banyak yang bisa saya lakukan. Grimes memiliki peran yang jauh lebih besar dariku sekarang. Ketika anak itu bertambah besar, akan ada lebih banyak peran bagi saya.”

“Jika saya memiliki perjalanan untuk Tesla ke China, misalnya, saya akan membawa anak-anak bersama saya dan kami akan pergi melihat Tembok Besar atau kami naik kereta peluru dari Beijing ke Xian dan melihat Prajurit Terakota.”

Seru bukan, kehidupan Elon Musk. Mau seperti dia?

(Bahan dan foto: dari berbagai sumber)